DO NOT MISS

Senin, 22 Oktober 2018

Informasi Tempat Wisata Gunung Bromo di Jawa Timur


 Tempat Wisata Gunung Bromo



Gunung Bromo ialah salah satunya gunung berapi sangat populer di Indonesia. Gunung Bromo terdapat dalam lokasi 4 kabupaten yakni, Kabupaten Malang, Pasuruan, Probolinggo serta Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Gunung Bromo masuk dalam lokasi taman wisata Bromo Tengger Semeru yang mencakup Gunung Bromo, Gunung Semeru, Gunung Batok, serta lautan pasir yang luas.

Gunung yang tidak kalah serunya dari obyek wisata Lembah Baliem di Papua ini terdapat pada ketinggian 2.392 mtr. Dari permukaan laut serta memiliki kawah dengan garis tengah kira-kira 800 mtr. dari utara ke selatan serta seputar 600 mtr. dari barat ke timur. Gunung Bromo ialah gunung berapi yang dapat disebut cukuplah aktif. Radius daerah bahayanya ialah 4 km. dari kawah gunung. Gunung Bromo paling akhir meletus pada tahun 2010 waktu lalu.

Gunung Bromo mempunyai makna nama Brahma dalam bahasa Sansekerta. Brahma ialah dewa penting buat pemeluk agama Hindu. Penduduk asli yang tinggal di sekitar lokasi gunung Bromo memang beragama Hindu. Suku Tengger ialah penduduk yang menempati lokasi ini lama. Nama Tengger diambil dari nama 2 orang pemuda serta pemudi yakni Roro Anteng serta Joko Seger.

Konon kedua-duanya ikhlas mengorbankan diri mereka dengan menceburkan diri ke kawah gunung Bromo menjadi tumbal untuk hindari musibah besar. Bila anda melintas ke Bromo lewat arah Kecamatan Tongas ataupun Probolinggo, anda akan diterima patung Roro Anteng serta Joko Seger pas di pertigaan Kecamatan Sukapura.


Mulai sejak itu, momen ini diperingati tiap-tiap tahun oleh penduduk Tengger dengan upacara Kasada. Upacara ini dikerjakan pada larut malam sampai pagi hari tiap-tiap bulan purnama seputar tanggal 14 serta 15 Kasada berdasar pada skema penanggalan Jawa. Dalam upacara Kasada penduduk Tengger akan lakukan doa di pura yang ada di kaki gunung Bromo, lalu diteruskan dengan melemparkan persembahan berbentuk hasil panen atau ternak ke kawah gunung menjadi perwujudan perasaan sukur.


Sekarang ini Gunung Bromo telah jadi salah satunya obyek wisata yang sangat sengit serta disukai oleh beberapa wisatawan baik dari Indonesia ataupun dunia, terutamanya buat beberapa orang yang mempunyai hoby untuk mendaki gunung, mereka akan begitu tertarik untuk berkunjung ke gunung ini. Tidak hanya ditantang untuk mendaki gunungnya, anda akan disajikan dengan panorama yang begitu indah, ditambah lagi jika disaksikan dari puncak gunung. Panorama di kawah juga tidak kalah indahnya.


Apakah anda tertarik untuk mencicip obyek wisata Gunung Bromo di Jawa Timur? Bila anda tertarik, anda dapat berkunjung ke Gunung Bromo dari 4 kabupaten yang sudah dijelaskan diatas. Umumnya anda akan diantar dengan mobil jeep maupun dengan memakai hewan Kuda. Anda mesti mempersiapkan perbekalan yang cukuplah serta fisik yang kuat bila ingin berkunjung ke gunung yang satu ini.


Demikan, mudah-mudahan info diatas bisa berguna buat anda semua. Selamat coba serta selamat liburan ke Gunung Bromo.

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Tempat Wisata. Designed by OddThemes - Published By Gooyaabi Templates